Terima kasih atas kerja sama dan partisipasi Anda di Tahun 2017   -   Selamat datang di Website Resmi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus. Mari kita BANGGAKAN INDONESIA !   -   Jika Anda membutuhkan informasi tentang kegiatan impor, ekspor dan cukai dapat menghubungi kami di CONTACT CENTER BRAVO BEA CUKAI (021) 1500225, Email : info@customs.go.id dan SMS Center : 081-1500225   -   Realisasi penerimaan Kantor Bea Cukai Kudus sampai dengan tanggal 31 Desember 2017 adalah Rp 34,7 triliun, dengan rincian penerimaan Cukai = Rp 34,6 triliun dan Pabean = Rp 40,6 milyar.    -   
Kolom Cukai
Edisi Lainnya

Edisi 1 Tahun 2018

Mengenal Cukai

Pernahkah  anda memperhatikan rokok yang dipajang di mini market, toko atau  kios-kios?   Anda akan mendapati  rokok telah dilekati pita cukai atau sering disebut “bandrol”. Karena pada pita cukai terdapat informasi harga bandrol ( Harga Jual Eceran =HJE). Ya,  memang rokok yang diperjualbelikan harus dilekati pita cukai.  Pita cukai merupakan tanda pelunasan pungutan cukai. Rokok  yang telah dilekati pita cukai berarti telah membayar cukai, dan telah legal/sah untuk diperjualbelikan atau dikonsumsi. Kewajiban berpita  cukai sejatinya terjadi pada saat rokok telah selesai diproduksi  di pabrik atau tempat produksi lainnya. Rokok yang tidak berpita cukai merupakan rokok illegal,  namun perlu diperhatikan pita cukai yang dilekatkan harus asli.

Rokok merupakan salah satu barang yang dikenakan cukai atau disebut Barang Kena Cukai (BKC). Sesuai Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai, disebutkan Cukai  merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang yang mempunyai sifat atau karakteristik tertentu. Barang-barang tersebut adalah barang yang :

  1. Konsumsinya perlu dikendalikan;
  2. Peredarannya perlu diawasi;
  3. Pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negarif bagi masyarakat atau lingkungan hidup;
  4. Pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan.

Saat ini Pemerintah mengenakan cukai terhadap :

1. Etil Alkohol atau etanol,

Etanol dikenakan cukai dengan tidak membedakan dari bahan baku apapun atau   dengan proses apapun, semua etil alkohol dikenakan cukai.

2. Minuman mengandung Etil Alkohol (MMEA), yaitu semua minuman yang mengandung etil alkohol  dalam kadar berapapun juga, dan dari bahan apapun, dengan proses apapun, termasuk konsentrat yang mengandung alkohol.

Minuman  mengandung etil alkohol atau biasa disebut minuman beralkohol seperti bir, whisky, vodka, wine, dll.

3. Hasil Tembakau dikenakan cukai meliputi meliputi sigaret, cerutu, rokok daun, tembakau iris, dan hasil pengolahan tembakau lainnya, digunakan atau tidak bahan pengganti atau bahan pembantu dalam proses pembuatannya.

Namun demikian dari jenis barang tersebut terdapat barang-barang tertentu yang tidak dipungut cukai,  yang nanti akan kita bahas lebih lanjut pada sesi berikutnya.

Rokok yang kita kenal sehari-hari merupakan hasil tembakau dari jenis sigaret. Sigaret terdapat 3 Jenis yaitu sigaret kretek, sigaret putih dan kelembak menyan. Sigaret kretek merupakan sigaret yang dalam proses pembuatannya dicampur dengan cengkih. Ini merupakan ciri khas rokok Indonesia ....rokok kretek.

Setelah mengetahui apa itu cukai dan rokok merupakan Barang Kena Cukai pastikan rokok yang anda beli atau yang anda jual berpita cukai. Stop Rokok Illegal. (kds.02)