Jika Anda membutuhkan informasi tentang kegiatan impor, ekspor dan cukai dapat menghubungi kami di CONTACT CENTER BRAVO BEA CUKAI (021) 1500225, Email : info@customs.go.id dan SMS Center : 081-1500225   -   Realisasi penerimaan Kantor Bea Cukai Kudus sampai dengan tanggal 30 September 2017 adalah Rp 17,8 T, dengan rincian penerimaan Cukai = Rp 17,7 T, Pabean = Rp 35,8 M.    -   Selamat datang di Website Resmi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus. Mari kita BANGGAKAN INDONESIA !   -   
Kolom Cukai
Edisi Lainnya

Edisi 16-02-2011

Pertanyaan :

Pak, kami masih menjumpai minuman mengandung alkohol dijual di toko-toko atau di warung, bagaimanakah aturan dan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh penjual minuman tersebu ? (Sudi Taniya 085 627 99xxx).


 Jawaban :

Saudara Sudi Taniya yang kami hormati,

Minuman mengandung etil alkohol (MMEA) yang anda jumpai dan dijual di Toko-toko/ Pasar Swalayan, Restoran, Hotel, dan Rumah Hiburan sebagai minuman beralkohol dalam kadar berapapun, dengan tidak mengindahkan bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, termasuk konsentrat yang mengandung etil alkohol merupakan salah satu barang kena cukai (BKC) sebagaimana yang ditetapkan dalam undang undang cukai nomor 39 tahun 2007 sebagai barang yang harus dipungut cukainya.

Dalam rangka mengendalikan dan mengawasi peredarannya, penjual MMEA yang kadarnya lebih dari 5 % harus memiliki izin Tempat Penjualan Eceran (TPE) MMEA (NPPBKC). Untuk mendapatkan izin TPE MMEA dari Kantor Bea dan Cukai harus memenuhi persyaratan2 dan terlebih dulu harus mendapat izin dari Pemerintah Daerah Setempat serta Instansi terkait lainnya, khusus untuk izin sebagai pengusaha pabrik MMEA harus menyediakan area tanah untuk bangunan pabrik minimal seluas 300 meter persegi.

Kewajiban dan Sanksi pelanggaran sebagai pengusaha tempat penjualan eceran (TPE) MMEA sebagaimana yang diatur  dalam Pasal 16, Pasal 35, dan Pasal 36 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007  adalah :

  1. Melakukan pencatatan terhadap pemasukan dan pengeluaran (penjualan) MMEA Pelanggaran atas ketentuan ini dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar sepuluh juta rupiah.
  2. Bersedia dilakukan pemeriksaan oleh pejabat bea dan cukai atas TPE dan Barang Kena Cukai (MMEA) yang ada di dalamnya. Terhadap setiap orang yang menyebabkan pejabat bea dan cukai tidak dapat melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud diatas dikenai sanksi administrasi berupa denda paling sedikit sepuluh juta rupiah dan paling banyak seratus juta rupiah.
  3. Pada saat dilakukan pemeriksaan sebagaimana  dimaksud pada huruf b di atas, pengusaha wajib menyediakan tenaga, peralatan, dan menyediakan buku, catatan, dan/atau dokumen yang wajib diselenggarakan berdasarkan undang-undang. Pelanggaran atas ketentuan ini dikenai sanksi administrasi berupa denda paling sedikit dua puluh lima juta rupiah dan paling banyak dua ratus lima puluh juta rupiah.
  4. Sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 108/PMK.04/2008 Penjualan MMEA impor di seluruh wilayah Republik Indonesia (kecuali di Toko Bebas Bea) harus dilekati pita cukai sebagai bukti pelunasan atas  pembayaran cukai yang diwajibkan. Pita cukai harus dilekatkan pada tutup kemasan/ botol sehingga pita cukai akan rusak bila dibuka. Penjualan MMEA impor tanpa dilekati pita cukai dan/atau dilekati pita cukai palsu adalah tindak pidana dan dikenai pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan pidana dendapaling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh ) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.
  5. Sesuai dengan PMK Nomor 235/PMK.04/2009pengangkutan MMEA baik yang belum dilunasi maupun yang sudah dilunasi cukainya dari satu tempat ketempat lainnya wajib dilindungi dengan dokumen cukai (CK-5 / CK-6) Pengangkutan yang tidak dilindungi dengan dokumen sesuai ketentuan dikenai sanksi administrasi berupa denda paling sedikit lima juta rupiah dan paling lima puluh juta rupiah.

Untuk penjelasan lebih lanjut, anda dapat menghubungi petugas Client Coordinator di KPPBC Madya Cukai Kudus telephon  (0291) 432355  atau SMS  085 7429 76 111 . Terima kasih.

 

Banner
Facebook Like
Statistik
Anda Pengunjung Ke-100276
Hari Ini7
Kemarin90
Bulan Ini12582
Total100276
IP Anda54.80.236.48